Penderita sleep apnea gunakan mesin CPAP/Asthma+Lung UK
Penderita sleep apnea gunakan mesin CPAP/Asthma+Lung UK
KOMENTAR

PRESIDEN Amerika Serikat Joe Biden yang berusia 80 tahun diketahui menggunakan mesin CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) selama beberapa minggu terakhir untuk mengatasi masalah sleep apnea yang ia miliki sejak tahun 2008.

Sleep apnea alias apnea tidur, dikutip dari Alodokter, merupakan gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang terhenti sementara selama beberapa kali saat ia sedang tidur. Kondisi tersebut ditandai dengan mengorok saat tidur dan tetap merasa mengantuk meskipun sudah tidur dalam durasi yang panjang.

Diketahui bahwa ada penderita sleep apnea yang bisa mengalami napas berhenti selama 10 detik sebanyak ratusan kali selama ia tidur. Hal tersebut tentu bisa menjadi sangat membahayakan.

Berikut ini sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol sleep apnea seperti yang dianjurkan dokter di Amerika Serikat, seperti dilaporkan BBC.

1# Turunkan berat badan bagi mereka yang mengalami obesitas.

2# Tidurlah dalam posisi miring, bisa dibantu dengan bantal khusus bagi penderita sleep apnea.

3# Berhenti merokok.

4# Jangan minum alkohol, terutama sebelum tidur.

5# Hindari pil tidur, kecuali disarankan dokter berdasarkan hasil konsultasi.

Apnea tidur yang lebih serius mungkin memerlukan perawatan dari klinik yang fokus pada penanganan masalah tidur. Salah satunya dengan menggunakan mesin CPAP, yang dengan lembut memompa udara ke dalam masker di atas mulut dan hidung selama tidur, menahan saluran udara tetap terbuka.




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health